Cara Menulis di Blog yang Menghasilkan Uang


SETELAH saya banyak mempostingkan tentang profil penulis Indonesia, penulis dunia, dan buku-buku yang dibuat oleh politisi dan selebritis, saya sekarang ingin berbagi bagaimana menulis di blog yang bisa menghasilkan uang. Kok bisa? Pasti bisa. Dan artikel ini setelah saya melakukan analisis blog dan membaca banyak artikel mengenai hal tersebut.

Pada hakekatnya blog adalah tulisan. Tulisan Anda adalah kekuatan blog Anda. Tulisan blog bisa memberikan ruh positif atau negatif bagi pembaca. Tulisan blog yang buruk, berdampak kepada pembaca akan jelek juga. Tulisan blog yang baik akan berdampak terhadap pembaca baik juga. Ada tiga cara menulis di blog yang bisa mendapatkan uang?



Tulisan blog harus memiliki kekuatan yang orisinil genuine power

Tulisan blog yang genuine kata-katanya banyak memberi. Ada energi yang dibagikan secara merata. Baik bagi Anda sebagai pembuat blog, maupun bagi orang yang membacanya. Tulisan di blog adalah ruang refleksi bagi pemiliknya dan bisa memberikan simpati bagi pengunjungnya. Agar blog memiliki kekuatan seperti itu, kualitas tulisan blog menjadi penentu. Buatlah orang lain ketagihan dengan tulisan di blog. Jadikan blog Anda sebagai ajimat dan referensi dengan artikel-artikel yang ‘bergizi’ dan penting. Buatlah artikel untuk pembaca yang berdampak kepada pembaca merasa perlu untuk mengunjunginya setiap hari.

Agar blog bisa menghasilkan uang dan pendapatan lain, sangat tergantung dengan cara si pemilik blog menulis. Uang dari blog bisa diperoleh dari Rezeki iklan pihak ketiga dan lain sebagainya. Blog yang tulisannya asli atau genuine, memiliki kekuatan energi yang sangat besar dan berdampak kepada pembaca.  Semakin besar energi blog memantulkan dampak positif, maka dengan cepat pula pantulan energi positif itu kembali.

Semakin sering blog Anda menawarkan produk, tanpa pernah memberi penjelasan atau review, yakinlah prospek akan menjauhi blog Anda. Semakin sering blog Anda memposting artikel yang tidak bermutu, dengan cepat pula blog sepi pengunjung. Itulah hukum online yang tidak tertulis. Dari sini jelas sekali bahwa, blog,  uang dan Anda adalah sebab akibat. Tidak berjalan sendiri-sendiri melainkan selalu bersinergi.

Blog yang ngetop selalu ada ruang sedekah atau memberi secara gratis. Misalkan memberi ebook gratis, tutorial gratis, software gratis, program affiliasi gratis, sampai ada yang menggratiskan iklan Anda. Itulah hebatnya banyak sedekah online. Dengan semakin banyak bersedekah melalui blog, rezeki online pasti datang juga. 

Menulis blog harus sederhana, komunikatif dan fleksibel

Karakter tulisan harus disesuaikan dengan fokus blog Anda. itu sendiri. Insya Allah, dengan begitu blog yang dibuat bisa menjadi  anjungan tunai penghasilan  Anda. Blog itu ibarat rumah. Percantiklah rumah Anda! Ramahlah dengan manusia! Rutinkan silaturahmi! Pastilah, rezeki online akan bertekuk lutut dengan Anda.

Di dunia online juga seperti itu, dan berlaku hukum kausalitas atau sebab akibat. Buatlah blog yang ramah dengan pengunjung. Tidak statis dan kaku. Ucapkan selamat datang dengan mengisi email sebagai tanda perkenalan. Rutinkan postingan! Jadikan artikel Anda bermanfaat! Buatlah komentar sesama blogger. Bertukaran link dan aktif di forum-forum atau yang lainnya. Saya sepakat dengan Enda Nasution, blog adalah adalah etalase diri Anda

Menulis di Blog Tidak Copy Paste

Flagiat itu kasarnya, selalu ingin meniru dan ingin sama dengan isi rumah orang lain. Ini kan bahaya kalau isi blog Anda, tulisannya sama. Bahkan  titik dan komanya tak ada yang beda dengan blog orang lain. Apa kata google? Apa kata dunia?

Flagiat itu berdampak negatif. Blog Anda tidak akan pernah maju. Karakter blog akan selalu menunggu. Tidak aka ada inovasi. Beda halnya, ketika artikel dari blog orang lain, di edit kembali oleh Anda, dan mencantumkan sumber aslinya. Hal itu sah dilakukan, sebagai umpama produknya sama tapi modelnya beda. Bahkan, bila ada kreatif menulis di blog, mungkin kualitas tulisan mungkin akan jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain.

Dari tiga syarat diatas, saya kira mendekati kebenaran karena trend saat ini, ada kecenderungan membuat blog  sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan. Artinya aktivitas blogging bila pengelolaannya serius, hasilnya akan sama seperti kita memiliki toko atau usaha lainnya di dunia nyata. Bahkan, bisa jadi hasilnya melebihi apa yang Anda perkirakan. Coba Anda baca kesaksian dari beberapa blogger professional mengenai persoalan dalam artikel ini, benar atau tidak.
 
© Copyright 2035 Terapi Menulis
Theme by Yusuf Fikri