Hati-Hati Menulis Status di Facebook


“APA yang kamu pikirkan”. Tagline itu yang dibuat oleh Mark Zuckerberg sehingga kamu betah bila sudah berfacebookan ria. Status facebook sudah menjadi magnet yang bisa menempelkan antarperasaan suka dan duka. Status bisa menjadi pelipur lara dan rindu, perekat asa, dan penggembira bagi antara satu teman dan yang lainnya. Status juga bisa berdampak nyata sehingga teman antarpemilik akun lain menjadi liar, uring-uringan, dan stress


Menilik dari tagline facebook, sebetulnya, pemilik akun diajak untuk berbagi dan sharing tentang persoalan-persoalan yang dimiliki  kepada teman facebook lain. Pemikiran-pemikiran yang ada sejatinya bukan hanya sebatas status pendek dan tidak memilik makna. Dan aku kira, salah satu penyebab pemilik akun tidak aktif di facebook karena buruknya cara membuat status termasuk memberikan komentar sehingga diabaikan oleh teman-teman yang lain.

Memang, membuatstatus facebook tidak diatur oleh kaidah penulisan baku. Namun, sekali lagi aku tekankan, bila kamu memiliki impian, maka facebook bisa menjadi media yang tepat untuk berbagi dan bisa saling memberi kabar atas impian kamu itu. Bahkan kalau bisa, status kamu bisa menjadi bacaan cerdas, bukan sekedar (maap) numpang narsis di jejaring sosial gratis.

Aku sedikit melakukan penelitian mengamati beberapa status di facebook. Aku mengelompokannya dalam beberapa kategori. Yang aku teliti bukan si pembuat statusnya, melainkan tema-tema besar yang sering dibuat orang dijadikan status.

1.    Curhat
Status yang sekedar curhat menempati rangking pertama. Begitu banyak status facebook yang isinya hanya sekedar curhat. Bisa jadi curhat sebenarnya untuk teman dekatnya, curhat tentang kehidupannya, atau sekedar curhat aktivitasnya. Status seperti ini kalau yang membuat statusnya bukan cewek, jangan harap akan mendapatkan like atau komentar. Ini juga ada trend, pemilik akun laki-laki memanfaatkan pemilik akun cewek yang curhat, agar bisa menarik perhatian si pembuat status. Biasanya, status curhat dibuat melalui phone selular, blackberry dan gadget lainnya.

2.    Iseng
Untuk kategori status ini, biasanya sontak dan spontan ketika si pemilik akun sudah berada di laman facebook. Tiba-tiba saja, terbersit untuk membuat status yang terkadang tidak pernah terpikir sebelumnya. Bila bukan teman yang sudah dekat di facebook, status seperti ini kurang menarik. Hanya satu atau dua orang yang ‘menginfakan’ jempolnya terhadap status iseng. Namanya juga iseng, yang iseng juga orang lain memberikan atensi. Pengaruh dari membuat status iseng biasanya akibat mendengar sesuatu, melihat sesuatu atau ada hal-hal unik disekitarnya.

3.    Tautan youtube
Tautan ini biasanya dibuat oleh pemilik akun yang ingin santai hanya untuk berselancar di facebook dan tidak membuat status. Pemilik akun yang hanya melampirkan link tautan youtube, lebih banyak memberikan komentar dan memberikan jempol terhadap status teman lainnya. Bahkan, ia merasa enjoy berada di dunia maya karena hatinya yang sedang gembira. Atau lagu sebagai pertanda isi hati si pemilik akun tersebut.
  
4.    Berita
Status link tautan berita biasanya khusus dibuat oleh pemilik akun yang suka dengan olahraga, kesehatan dan berita-berita politik. Setiap kali online, pemilik akun tidak pernah membuat status langsung, melainkan lebih banyak melampirkan tautan tersebut. Untuk status seperti ini, sekali lagi, biasanya hanya bisa mendapatkan like saja, dan jangan berharap mendapatkan komentar dari teman-teman yang lain.

5.    Artikel
Khusus untuk artikel, apabila si pemilik akun dari awal sudah membuat artikel, dipastikan akan mendapatkan komentar yang sangat banyak. Pemilik akun juga sudah mendapatkan predikat sebagai teman yang hobi dengan membuat artikel-artikel politik biasanya. Dialog dan saling memberi komentar, biasanya lebih dinamis terhadap status artikel. Namun, sayangnya hanya sedikit pemilik akun yang membiasakan diri menulis artikel tersebut.

6.    Promosi bisnis
Status yang hanya mempromosikan produk, biasanya hanya sekedar memberitahu kalau dirinya memiliki bisnis. Pemilik akun jarang memberikan deskripsi atau memberikan tukar pendapat melalui produk tersebut. Untuk promosi bisnis ini, biasanya yang sudah masuk ke list pertemanan.

7.    Status promo SPAM
Nah ini, yang paling dibenci oleh pemilik akun. Tiba-tiba dalam kronologi muncul gambar-gambar produk gadget yang dijual, padahal dia tidak pernah berteman. Aku juga kurang tahu, bagaimana ia bisa melakukan itu. Dan khusus kebanyakan pemilik akun, sangat kurang menyukai dan membenci para pemilik akun yang hanya melakukan hal tersebut.

Dengan berbagai macam status tersebut, kamu sebagai pemilik akun facebook hendaknya berhati-hati. Sebab, bila tidak konsisten dengan status yang dibuat, teman lain akan menganggap kamu memiliki kepribadian ganda. Maksudnya, profil yang teman kenal di facebook, bisa jadi bertolak belakang dengan dunia yang sebenarnya. Bila sudah ketahuan, kamu memiliki kepribadian ganda, maka teman-teman lain respeknya akan berkurang. Bahkan, teman sebagaim teman saja, tidak akan dialog yang menunjukan bahwa kamu itu berteman.

Semoga bermanfaat, Untuk Yang Terbaik

0 komentar:

 
© Copyright 2035 Terapi Menulis
Theme by Yusuf Fikri