“APA yang kamu pikirkan”. Tagline itu yang dibuat oleh Mark Zuckerberg sehingga kamu betah bila sudah
berfacebookan ria. Status facebook sudah menjadi magnet yang bisa menempelkan antarperasaan
suka dan duka. Status bisa menjadi pelipur lara dan rindu, perekat asa, dan penggembira
bagi antara satu teman dan yang lainnya. Status juga bisa berdampak nyata
sehingga teman antarpemilik akun lain menjadi liar, uring-uringan, dan stress
Menilik dari tagline facebook, sebetulnya, pemilik
akun diajak untuk berbagi dan sharing tentang persoalan-persoalan yang dimiliki
kepada teman facebook lain. Pemikiran-pemikiran
yang ada sejatinya bukan hanya sebatas status pendek dan tidak memilik makna. Dan
aku kira, salah satu penyebab pemilik akun tidak aktif di facebook karena buruknya
cara membuat status termasuk memberikan komentar sehingga diabaikan oleh
teman-teman yang lain.
Memang, membuatstatus facebook tidak diatur oleh kaidah penulisan baku. Namun, sekali lagi aku
tekankan, bila kamu memiliki impian, maka facebook bisa menjadi media yang
tepat untuk berbagi dan bisa saling memberi kabar atas impian kamu itu. Bahkan
kalau bisa, status kamu bisa menjadi bacaan cerdas, bukan sekedar (maap) numpang
narsis di jejaring sosial gratis.
Aku sedikit
melakukan penelitian mengamati beberapa status di facebook. Aku
mengelompokannya dalam beberapa kategori. Yang aku teliti bukan si pembuat
statusnya, melainkan tema-tema besar yang sering dibuat orang dijadikan status.
1.
Curhat
Status
yang sekedar curhat menempati rangking pertama. Begitu banyak status facebook yang
isinya hanya sekedar curhat. Bisa jadi curhat sebenarnya untuk teman dekatnya,
curhat tentang kehidupannya, atau sekedar curhat aktivitasnya. Status seperti
ini kalau yang membuat statusnya bukan cewek, jangan harap akan mendapatkan
like atau komentar. Ini juga ada trend,
pemilik akun laki-laki memanfaatkan pemilik akun cewek yang curhat, agar bisa
menarik perhatian si pembuat status. Biasanya, status curhat dibuat melalui
phone selular, blackberry dan gadget lainnya.
2.
Iseng
Untuk
kategori status ini, biasanya sontak dan spontan ketika si pemilik akun sudah
berada di laman facebook. Tiba-tiba saja, terbersit untuk membuat status yang
terkadang tidak pernah terpikir sebelumnya. Bila bukan teman yang sudah dekat
di facebook, status seperti ini kurang menarik. Hanya satu atau dua orang yang ‘menginfakan’
jempolnya terhadap status iseng. Namanya juga iseng, yang iseng juga orang lain
memberikan atensi. Pengaruh dari membuat status iseng biasanya akibat mendengar
sesuatu, melihat sesuatu atau ada hal-hal unik disekitarnya.
3.
Tautan youtube
Tautan
ini biasanya dibuat oleh pemilik akun yang ingin santai hanya untuk berselancar
di facebook dan tidak membuat status. Pemilik akun yang hanya melampirkan link
tautan youtube, lebih banyak memberikan komentar dan memberikan jempol terhadap
status teman lainnya. Bahkan, ia merasa enjoy
berada di dunia maya karena hatinya yang sedang gembira. Atau lagu sebagai
pertanda isi hati si pemilik akun tersebut.
4.
Berita
Status
link tautan berita biasanya khusus dibuat oleh pemilik akun yang suka dengan
olahraga, kesehatan dan berita-berita politik. Setiap kali online, pemilik akun
tidak pernah membuat status langsung, melainkan lebih banyak melampirkan tautan
tersebut. Untuk status seperti ini, sekali lagi, biasanya hanya bisa
mendapatkan like saja, dan jangan berharap mendapatkan komentar dari
teman-teman yang lain.
5.
Artikel
Khusus
untuk artikel, apabila si pemilik akun dari awal sudah membuat artikel, dipastikan
akan mendapatkan komentar yang sangat banyak. Pemilik akun juga sudah
mendapatkan predikat sebagai teman yang hobi dengan membuat artikel-artikel politik
biasanya. Dialog dan saling memberi komentar, biasanya lebih dinamis terhadap status
artikel. Namun, sayangnya hanya sedikit pemilik akun yang membiasakan diri
menulis artikel tersebut.
6.
Promosi bisnis
Status
yang hanya mempromosikan produk, biasanya hanya sekedar memberitahu kalau
dirinya memiliki bisnis. Pemilik akun jarang memberikan deskripsi atau
memberikan tukar pendapat melalui produk tersebut. Untuk promosi bisnis ini,
biasanya yang sudah masuk ke list pertemanan.
7.
Status promo SPAM
Nah
ini, yang paling dibenci oleh pemilik akun. Tiba-tiba dalam kronologi muncul
gambar-gambar produk gadget yang dijual, padahal dia tidak pernah berteman. Aku
juga kurang tahu, bagaimana ia bisa melakukan itu. Dan khusus kebanyakan
pemilik akun, sangat kurang menyukai dan membenci para pemilik akun yang hanya
melakukan hal tersebut.
Dengan
berbagai macam status tersebut, kamu sebagai pemilik akun facebook hendaknya
berhati-hati. Sebab, bila tidak konsisten dengan status yang dibuat, teman lain
akan menganggap kamu memiliki kepribadian ganda. Maksudnya, profil yang teman
kenal di facebook, bisa jadi bertolak belakang dengan dunia yang sebenarnya.
Bila sudah ketahuan, kamu memiliki kepribadian ganda, maka teman-teman lain
respeknya akan berkurang. Bahkan, teman sebagaim teman saja, tidak akan dialog
yang menunjukan bahwa kamu itu berteman.
Semoga
bermanfaat, Untuk Yang Terbaik
0 komentar:
Posting Komentar