Ini Dia Para Peracik Kata Kaya Raya Dunia


SETELAH sebelumnya ditulis, beberapa penulis Indonesia yangkaya raya dari menulis, kini aku postingkan beberapa penulis dunia yang sudah mendapaatkan puluhan juta dolar dari menulis buku. Data ini, dirilis oleh Majalah Forbes yang menyusun estimasi pendapatan mereka, terhitung sejak  Mei 2011 sampai Mei 2012 melalui pertemuan dengan para ahli, termasuk penerbit, agen dan penulis. Mereka juga meninjau data penjualan buku serta Nielsen BookScan.



James Patterson (JP) adalah seorang penulis novel. Pendapatan penulis yang tercatat oleh New York Times dalam daftar buku terlaris New York dengan 63 judul ini, sebesar US$90 juta atau setara dengan 90 milyar rupiah pada tahun 2012.

Penulis asal Amerika Serikat ini telah menelurkan ratusan buku laris yang telah diterbitkan di berbagai negara di dunia. Salah satunya, seri Maximum Ride yang telah diterbitkan dalam berbagai bahasa di dunia. Ia juga tergolong seorang penulis yang produktif. Selama tahun 2011 saja ia telah menelurkan 14 judul buku. Tidak seperti penulis lain yang mendapatkan penghasilan dari adaptasi karya mereka ke serial TV maupun layar lebar, Patterson justru mendapatkan uangnya dari penjualan buku.

JP telah menjual lebih dari 220 juta buku di seluruh dunia. Pada tahun 2010, JP mendapatkan predikat penulis ngetop tahun 2010. Ia dipilih oleh dari 15.000 anak dan remaja yang menjadi pembaca JP. Popularitasnya mengalahkan Suzanne Collins, Carl Hiaasen, Jeff Kinney, dan Rick Riordan. Ditahun yang sama, menurut Suster Bowker di Crime Survey, JP juga adalah penulis misteri favorit pembaca di bawah umur 50-an. Responden survei terdiri pria Amerika, perempuan dan remaja yang membeli setidaknya satu misteri fiksi tahun 2009 dan 2010.



Penulis kelahiran Portland, Maine tahun 1947 ini, meraih pendapatan tahun 2012 sebesar  US$ 39 juta. Putera kedua dari Donald dan Nellie Ruth Pillsbury ini, lahir dari keluarga sederhana.  Ia melakukan penjualan profesional pertamanya berupa cerita pendek bertajuk "The Floor" untuk cerita misteri Startling tahun 1967. Sepanjang tahun awal pernikahannya, ia terus menjual cerita untuk majalah pria. Banyak dari tulisannya dikumpulkan kedalam koleksi Night Shift dan antologi lainnya.

Pada musim gugur 1971, Stephen mulai mengajar di sekolah kelas tinggi Inggris di Hampden Academy dan sekolah menengah umum di Hampden, Maine. Ia setiap malam diakhir pecan selalu menulis dan menghasilkan karya cerita pendek dan novel. Stephen juga tahun 2003, menerima penghargaan dari Yayasan Buku Nasional untuk konstribusinya dalam Distinguished Letters Amerika.



Pendapatan penulis dunia ketiga diduduki Janet Evanovich sebesar  US$ 33 juta. Sekilas biografinya, Janet menghabiskan masa kecil untuk bermain di La la Land. Setelah lulus dari Universitas Douglass Art Departemen, ia mengasah kemampuannya untuk menulis dan mentransfer kegembiraan otak ke kanvas prima sembari menggunakan jean robek.

Suami Evanovich, Pete, adalah seorang doktor di bidang matematika lulusan dari Rutgers University.  Sebelum dikukuhkan dirinya sebagai penulis dunia dengan pendapatan terbesar ketiga, Evanovich menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku komik dan memotivasi diri untuk terus menulis.

Selain ketiga penulis diatas, beberapa penulis kenamaan dunia dirilis oleh Forbes telah mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari menulis. Tiga belas penulis dunia yang secara berurutan memperoleh penghasilan terbesar di dunia antara lain;

John Grisham          $26 million
Jeff Kinney                 $25 million
Bill O'Reilly                 $24 million
Nora Roberts             $23 million
Danielle Steel            $23 million
Suzanne Collins        $20 million
Dean Koontz              $19 million
JK Rowling                 $17 million
George RR Martin     $15 million
Stephenie Meyer       $14 million
Ken Follett                  $14 million
Rick Riordan              $13 million

Untuk mengenal mereka lebih dekat berikut karya yang sudah dihasilkan, bisa langsung mengunjungi websitenya, dan bisa berkenalan. Siapa tahu, mereka menjadi inspirasi Anda untuk menjadi seorang penulis dengan pendapatan terbesar di Indonesia nanti. Atau Anda ingin menjadikan penulis Indonesia sendiri yang mengantarkan Anda

0 komentar:

 
© Copyright 2035 Terapi Menulis
Theme by Yusuf Fikri